Penyerahan penghargaan Gelar Inovasi Daerah Tahun 2020

Penyerahan penghargaan Gelar Inovasi Daerah Tahun 2020 merupakan puncak dari tahapan kegiatan Gelar Inovasi Daerah tahun 2020 yang melibatkan peserta dari Perangkat Daerah, Kecamatan, Desa/Kelurahan, Puskesmas, Perguruan Tinggi/peneliti, mahasiswa, pelajar SMA/SMK dan pelajar SMP. Gelar Inovasi Daerah dilaksanakan setahun sekali yang dimulai pada tahun 2016 sehingga tahun 2020 merupakan kali ke lima penyelenggaraan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari UU nomor 18 tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peraturan bersama menteri negara dan teknologi (Menristek) Republik Indonesia nomor 3 tahun 2012 dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia nomor 36 tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).

Tujuan diselenggarakannya Gelar Inovasi Daerah kabupaten bogor adalah untuk menumbuhkan minat berinovasi, memfasilitasi kreativitas masyarakat dalam menciptakan inovasi kreatif serta meningkatkan budaya inovasi di kabupaten bogor.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan salah satu pola pendekatan pembangunan daerah yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Melalui pendekatan pembangunan SIDa ini, keseluruhan pelaku, lembaga, jaringan, kemitraan, aksi, proses produksi dan kebijakan yang mempengaruhi arah perkembangan, kecepatan dan difusi inovasi serta proses pembelajaran dilaksanakan untuk mencapai pembangunan sebuah daerah. Sistem Inovasi pada dasarnya merupakan suatu kesatuan dari sehimpunan aktor, kelembagaan, hubungan, jaringan, interaksi dan proses produktif yang mempengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi dan difusinya (termasuk teknologi dan praktik baik/terbaik), serta proses pembelajaran.

Tujuan pengembangan Sistem Inovasi Daerah:

  • Visi pembangunan ekonomi lokal berbasis IPTEKMAS.
  • Konsep pengembangan SIDa yang dapat dilakukan dengan menggunakan model SIDa Government Procurement Model atau Framework Condition Model atau kedua-duanya.
  • Menciptakan kebijakan berdasarkan asas keberlanjutan yang berwawasan lingkungan.
  • Menciptakan perlindungan dan kepastian hukum bagi investor.
  • Menciptakan iklim investasi yang kondusif untuk menarik investor. Salah satunya dengan meninggalkan budaya birokrasi berlebihan dengan meningkatkan profesionalisme kerja.
  • Memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan.
  • Proteksi terhadap sektor-sektor ekonomi lokal yang daya saingnya masih rendah dengan membentuk jejaring.
  • Mengembangkan daya saing ekonomi daerah melalui inovasi
  • Mendayagunakan segenap potensi pembangunannya secara efisien guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkualitas secara berkelanjutan.

Gelar Inovasi Daerah tahun 2020 dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi Gelar Inovasi Daerah disampaikan dan diinformasikan melalui perangkat daerah, seluruh Kecamatan, Desa/Kelurahan, Puskesmas, SMA, SMK, SMP dan media cetak serta media elektronik melalui website bappedalitbang.bogorkab.go.id dan Sinova jelita;
  2. Panitia menentukan tim penilai inovasi yang terdiri dari ketua tim penilai yaitu Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, Ph.D, Eng.B.Eng (LIPI) dan dua orang anggota tim penilai yaitu Prof. Sugeng Heri Suseno, SPi, MSi (IPB) serta Suryandaru, ST, MT (Yayasan Nanocenter)
  3. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari pendaftaran pada bulan April sampai dengan Oktober, seleksi administrasi dan presentasi di bulan November serta ditindaklanjuti dengan kegiatan workshop.
    1. Gelar Inovasi Daerah kabupaten bogor tahun 2020 diikuti oleh 139 peserta terdiri dari:
    2. Perguruan Tinggi dan peneliti sebanyak 10 peserta
    3. Perangkat Daerah sebanyak 12 peserta
    4. Kecamatan sebanyak 14 peserta
    5. Desa/kelurahan sebanyak 5 peserta
    6. Puskesmas sebanyak 58 peserta
    7. Masyarakat umum sebanyak 16 peserta
    8. Mahasiswa sebanyak 11 peserta
    9. Pelajar SMA/SMK sebanyak 7 peserta
    10. Pelajar SMP sebanyak 6 peserta
  4. Gelar Inovasi Daerah tahun 2020 dilaksanakan secara daring mengingat adanya pandemi covid-19 dimana kebijakan pemerintah kabupaten bogor yang menginstruksikan untuk membatasi kegiatan tatap muka secara langsung dalam rangka menekan penyebarluasan covid-19. Oleh karena itu, tahapan penilaian inovasi dari peserta Gelar Inovasi Daerah dilaksanakan melalui video inovasi yang diupload di channel youtube bappedalitbang kabupaten bogor untuk selanjutnya dinilai oleh tim penilai sehingga terpilih 5 peserta sebagai nominator.
  5. Tim penilai melaksanakan workshop yang bertujuan memberikan pembinaan pada nominator terpilih dari 9 kategori guna melengkapi penilaian pemenang inovasi terbaik.
  6. Dari nominator yang telah terpilih disaring kembali menjadi 3 pemenang pada setiap kategori dan akan diumumkan pada puncak acara Gelar Inovasi Daerah tanggal 8 desember 2020 di Bappedalitbang.

Daftar Pemenang Gelar Inovasi Daerah Tahun 2020 Sebagai Berikut :

1. Kategori Pelajar SMP

1 ANISA APRILIANTI, IKRIMA FITRIA, KEIVA AYA FAUZIYYAH. L DAN LIVIA SOLEHA N SIRAH KU UTUH SMPN 4 LEUWILIANG
2 FARHAH MASIAH PUTRI DAN SALWA SASKIA METHA HANDLISESIR 3 in 1 SMPN 1 CIBINONG
3 AMIH, RIANA, ABDAL, LUSI DAN INTAN PELIPUR RAJA (PENGENDALI LAMPU LISTRIK JARAK JAUH) SMPN 4 LEUWILIANG

2. Kategori Pelajar SMA/SMK

1 BAHARUDIN PUTRA NUGRAHA DAN RUSDAH SANGGARWATI Medicines from Baluntas Leaves (MEFROBALE) SMAN 1 NANGGUNG
2 DESYANTI, RANI RISNAWATI DAN SEPTI MARDIANA LEAFCOS CAKE (BOLU DAUN KENIKIR) SMAN 1 DRAMAGA
3 MUHAMMAD ALVARO RIANDI DAN ANDARLINE VALENTINA KASET (KREATIVITAS DAN STRATEGIS ) UMKM APLIKASI SEDERHANA DALAM MEMBANTU PELAKU USAHA UMKM DALAM MENEMUKAN STRATEGIS DAN ANALISIS DATA TERHADAP DAMPAK SOSIAL AKIBAT PANDEMI COVID-19 DAN PSBB SMAN 2 CIBINONG

3. Kategori Mahasiswa

1 BAGUS FATWAN ALFIAT, HENDI HIDAYAT DAN MUHAMAD MUSLIH HIMAWAN APLIKASI SPORTS BOOKING UNTUK PEMESANAN LAPANGAN OLAH RAGA UNIVERSITAS IBNU KHALDUN (UIKA)
2 HANIF HIDAYATURAHMAN DAN SYLVIANA YUNIAR E-TRACKING SEBAGAI SISTEM PEMANDU WISATA BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN BOGOR UNIVERSITAS IBNU KHALDUN (UIKA)
3 RISKI ADIT PRATAMA APLIKASI ANDROID WISATA NANGGUNG UNIVERSITAS IBNU KHALDUN (UIKA)

4. Kategori masyarakat umum

1 ENI YUNIATI INDUSTRI TEPUNG PANGAN LOKAL ANGKAT PEREKONOMIAN MASYARAKAT SUKARAJA
2 WILLIAM WIJAYA KECAP IKAN VEGETARIAN
3 HENRY IMMAGO DETOX HONEY

5. Kategori Puskesmas

1 PUSKESMAS MEGAMENDUNG SICAKEP
2 PUSKESMAS SULIWER DUREN MONTONG
3 PUSKESMAS NANGGUNG MIRASA TEBU

6. Kategori Desa/Kelurahan

1 DESA TAJUR SIWA (SISTEM INFORMASI WARGA
2 KELURAHAN CIRIUNG KAMPUNG E-LEARNING
3 KELURAHAN KARADENAN “KREASI UNIK BERBAHAN PARALON BEKAS icon kelurahan karadenan”

7. Kategori Kecamatan

1 KECAMATAN CIITEUREUP ASOKA
2 KECAMATAN KLAPANUNGGAL SAPU DARI BAHAN SORGUM
3 KECAMATAN RUMPIN GEBER MAKES

8. Kategori Perangkat Daerah

1 DINAS PENANAMAN MODAL, PERIZINAN TERPADU SATU PINTU OPTIMIS
2 RSUD LEUWILIANG LEUWIKARSA
3 DINAS KESEHATAN SI OKE

9. Kategori Peneliti/Perguruan Tinggi

1 Dr. SITI NIKMATIN PENGELOLAAN LIMBAH PADAT SAWIT MENJADI DIVERIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA WIRAJAYA KECAMATAN JASINGA IPB
2 ENENG TITA TOSIDA, DEDEN ARDIANSYAH, AGUNG DJATI WALUJO, MANSUR HIDAYAT DAN AHMAD MUHAEMIN REVITALISASI KEARIFAN LOKAL BERBASI DIGITAS (NEW NORMAL BATIK KAB.BOGOR) UNIVERSITAS PAKUAN (UNPAK)
3 Dr.ASSADATUN ABDULLAH, Spi, Msi, MSM, Prof.Dr.Ir.NURJANAH,ZIEDAL MAFAAZ FAFAAZA EMHA, Spi, ANGGREI VIONA SEULALAE, Spi DAN KIKI DWI RAHMAWATI PEMANFAATAN RUMPUT LAUT SEBAGAI BAHAN MASKER PEEL OFF UNTUK PERAWATAN WAJAH IPB

 

 

 

Berita Lainnya :

Ekspopse Pelaksanaan Roadmap Sistem Inovasi Daerah... Cibinong, Rabu 11 Oktober 2017, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Bidang Litbang melakukan Ekspose Pela...
Potensi Wilayah Bogor Timur juli 12 2017 Pendahuluan Pembangunan ekonomi daerah melalui pendekatan yang bersifat ekonomi politik seperti desentralisasi ekonomi, otonomi daerah, ekonomi ker...
Bappedalitbang Melakukan Gerakan Gotong Royong dal... Bappedalitbang Jumat (14/07/2017), melaksanakan gerakan gotong royong serentak dalam rangka pemulihan dan konservasi lingkungan hidup yang dilaksakan ...
MUSRENBANG GEOPARK NASIONAL PONGKOR MENUJU UNESCO ... Kamis 7 Februari 2019, Bappedalitbang mengadakan Musrenbang Geopark Nasional Pongkor Menuju UNESCO GLOBAL GEOPARK (UGG). Setelah ditetapkan sebagai Ge...