Kemudahan Layanan SINUCANTIK

INOVASI SINUCANTIK BAPPEDALITBANG KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor memiliki berbagai potensi luar biasa yaitu SDM, SDA, luas wilayah dan Sumber Daya Budaya. Sayangnya, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan karena masyarakat cenderung bersikap pasif dan bergantung pada kebijakan dan upaya pemerintah. Inovasi bisa menjadi solusi kreatif yang berdampak bukan hanya mengubah kondisi ke arah yang lebih baik, tetapi secara signifikan mempunyai nilai ekonomi, sosbud dan lingkungan.
Berangkat dari deskripsi di atas, Bappedalitbang membuat terobosan yaitu SINUCANTIK berupa aplikasi berbasis website untuk mengatasi beberapa masalah utama, antara lain:

  •  Partisipasi masyarakat dalam inovasi daerah masih rendah
  • Inovasi daerah belum terpublikasi dengan baik karena terkendala jarak dan waktu sehingga budaya inovasi belum melembaga dalam kehidupan masyarakat
  • Promosi produk inovasi (barang dan jasa) masih terbatas dan bersifat nondigital
  • Ekosisitem digital di antara pelaku usaha masih rendah

Tujuan inovasi ini adalah membangun budaya inovasi dan ekosistem digital yang berkesinambungan, mengakomodir berbagai kebutuhan akan informasi inovasi, mempromosikan produk inovasi, sekaligus memberdayakan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam inovasi daerah.