Penggunaan IT KINCLONG

INOVASI KINCLONG BAPPEDALITBANG KABUPATEN BOGOR

Pemberdayaan masyarakat berbasis kreativitas dan inovasi harus menjadi prioritas di era disrupsi teknologi dan perekonomian digital yang bertumbuh semakin besar di Indonesia. Ini penting, mengingat semakin banyak sektor ekonomi tradisional serta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tergerus oleh kemajuan teknologi.

Beppedalitbang Kabupaten Bogor memiliki pendekatan yang berbeda dalam menumbuhkan kreativitas dan budaya inovasi di masyarakat Kabupaten Bogor. Terobosan baru tersebut diberi nama KINCLONG (Klinik Inovasi Cerdas Mobil Keliling).

Inovasi ini dilatarbelakangi kurangnya wadah untuk berkonsultasi tentang inovasi sehingga masyarakat merasa ragu untuk menciptakan dan mengembangan inovasi. Selain itu, kurangnya informasi dan panduan dari pemerintah atau stakeholder terkait menjadi salah satu alasan. Padahal potensi Kabupaten Bogor sangat besar dengan SDA yang berlimpah maupun SDM yang handal serta terampil.

KINCLONG merupakan wadah konsultasi, bertukar fikiran, berdiskusi dan mencari solusi dengan cara kreatif dan inovatif yang dilakukan dengan sistem mobile atau jemput bola dengan terjun langsung ke masyarakat, sehingga dapat memberikan peluang dan akses bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang inovasi.

Inovasi ini diterapkan untuk mendorong masyarakat maupun perangkat daerah agar mau dan mampu secara mandiri berkreativitas menciptakan inovasi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, khususnya bagi perangkat daerah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.