Informasi Layanan Sinovajelita

INOVASI SINOVA JELITA BAPPEDALITBANG KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor memiliki berbagai potensi luar biasa yaitu SDM, SDA, luas wilayah, sosial dan budaya. Sayangnya, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan karena masyarakat cenderung bersikap pasif dan bergantung pada kebijakan dan upaya pemerintah. Inovasi dapat menjadi solusi kreatif yang berdampak bukan hanya mengubah kondisi kearah yang lebih baik, tetapi secara signifikan mempunyai nilai ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

Sosialisasi dan penyebarluasan pentingnya budaya inovasi secara tradisional melalui tatap muka langsung menghadapi banyak permasalahan dari segi jarak, waktu dan sebaran sasaran. Banyak produk inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Bogor dari berbagai elemen (perangkat daerah, kecamatan, desa/kelurahan, perguruan tinggi, mahasiswa, swasta, pelajar SMP/SMA/SMK maupun masyarakat umum). Namun, inovasi tersebut hanya diketahui secara internal dan masih sangat minim untuk dapat diakses secara luas. Bahkan cenderung sulit untuk diakses akibat tidak terdokumentasikan dengan baik, sehingga menghambat proses adopsi inovasi termasuk kemungkinan terjadi plagiarisme tanpa modifikasi.

Dokumentasi data penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor masih bersifat manual sehingga menimbulkan permasalahan seperti data tertukar, hilang, rusak, data double (redudansi data) dan memerlukan waktu lama ketika pencarian data. Padahal data tersebut dibutuhkan bukan hanya oleh elemen perangkat daerah dalam perencanaan kebijakan, tetapi juga oleh masyarakat luas dalam penyusunan karya ilmiah atau kepentingan lainnya.

Berangkat dari ‘Sistem Inovasi dan Jaringan Penelitian” deskripsi diatas, Bappedalitbang membuat terobosan yaitu SINOVAJELITA berupa aplikasi berbasis website untuk mengatasi beberapa masalah utama, antara lain:

  1. Partisipasi masyarakat dalam inovasi daerah masih rendah.
  2. Inovasi daerah belum terpublikasi dengan baik karena terkendala jarak dan waktu sehingga budaya inovasi belum melembaga dalam kehidupan masyarakat.
  3. Database inovasi, penelitian belum tersedia sehingga belum dapat dimanfaatkan optimal dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan.
  4. Penyampaian data penelitian tidak efektif dan efisien karena masih dilakukan secara manual.

Manfaat dari inovasi SINOVAJELITA adalah dapat meningkatkan budaya inovasi di masyarakat, dari tata kelola pemerintahan maupun pelayanan publik.