Penggunaan IT KIPAS

INOVASI RUBRIK KIPAS BAPPEDALITBANG KABUPATEN BOGOR

RUBRIK KIPAS singkatan dari Klinik Inovasi Panca Karsa merupakan inovasi yang baru di Kabupaten Bogor dengan tujuan menjawab kebutuhan informasi inovasi-inovasi terkini dari Kabupaten Bogor. Rubrik KIPAS ini dibuat dengan pendekatan humanis sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi sekaligus dapat memberikan saran dan melayangkan pertanyaan mengenai berbagai inovasi di Kabupaten Bogor. Rubrik KIPAS ditujukan untuk semua kalangan khususnya untuk UMKM, Perguruan tinggi dan organisasi masyarakat lainnya.
Kendala Geografis dari Kabupaten Bogor yang sangat luas menjadi kendala yang harus segera diatas guna kesejahteraan masyarakat. Dengan Hadirnya Rubrik KIPAS ini, diharapkan dapat merangkul semua masyarakat untuk mudah mengetahui informasi mengenai inovasi bahkan dari pelosok pedalaman desa sekalipun. Selanjutnya mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan penciptaan inovasi baru di Kabupaten Bogor.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah daerah saat ini dituntut membangun kapasitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah. Inovasi di segala bidang merupakan jawaban terhadap hal tersebut, baik di bidang tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik maupun inovasi bentuk lainnya di masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor berkomitmen untuk mendorong dan membangun budaya inovasi di berbagai sektor melalui kebijakan One Institution, One Innovation dan One Village, One Innovation yang diharapkan dapat menimbulkan dampak luas bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor.
Rubrik KIPAS ini merupakan inovasi layanan publik dengan informasi berbasis media cetak. Sosialisasi dan penyebarluasan pentingnya budaya inovasi secara tradisional melalui tatap muka langsung menghadapi banyak permasalahan dari segi jarak, waktu dan sebaran sasaran. Rubrik KIPAS merupakan media yang memfasilitasi masyarakat dalam mencari informasi dan bertanya mengenai inovasi yang bekerja sama dengan media cetak sebagai ruang publikasinya. Sehingga nantinya muncullah berbagai macam produk inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Bogor dari berbagai elemen (perangkat daerah, kecamatan, desa/kelurahan, perguruan tinggi, mahasiswa, pelajar SMP/SMA/SMK maupun masyarakat umum).
Rubrik KIPAS ini masuk dalam salah satu program yang dihasilkan dari bidang litbang yang berada di Bappedalitbang. Rubrik KIPAS menampilkan tanya jawab mengenai berbagai macam kegiatan, permasalahan, cara pelaksanaan inovasi dan juga untuk sarana publikasi inovasi yang dilakukan di Kabupaten Bogor. Rubrik KIPAS akan tayang setiap satu kali seminggu pada hari kamis.