PENGUATAN MANAJEMEN KINERJA BAGI APARATUR PERENCANA BAPPEDALITBANG KABUPATEN BOGOR

Kinerja aparatur mencerminkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, oleh karena itu kualitas aparatur menjadi bagian yang penting dan harus diperhatikan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pelayanan publik. Aparatur yang berkualitas adalah aparatur yang mampu beradaptasi dan mampu menjawab tuntutan dan harapan masyarakat.

Sebagai institusi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada Perangkat Daerah, Bappedalitbang memiliki posisi yang sangat srategis dalam menjabarkan setiap visi, misi dan program Pemerintah Daerah melalui perumusan dan penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah. Dengan demikian besarnya tantangan, kendala dan tanggung jawab yang harus dipikul oleh Bappedalitbang dalam melaksanakan fungsi perencana perlu ditunjang dengan tingginya potensi dan kemampuan    sumber daya aparatur yang dimiliki.

Dinamika pembangunan daerah menuntut kesiapan aparatur Bappedalitbang untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kemampuannya, terutama dalam penguasaan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Disamping itu pemberlakuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah serta Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang RPJPD, RPJMD dan Perubahan RPJPD, RPJMD, RKPD Propinsi/Kabupaten/Kota, diharapkan bisa menjadi momen penting bagi aparatur Bappedalitbang untuk dapat memahami dan mengimplementasikan amanah peraturan ini dalam penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Bimbingan Teknis penguatan manajemen kinerja ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada para aparatur perencana Bappedalitbang tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemegang sektor SKPD sesuai tahapan perencanaan pembangunan hingga pelaksanaan evaluasinya dan juga untuk meningkatkan kualitas para aparatur perencana Bappedalitbang dengan cara mempertajam pemahaman terhadap substansi Permendagri 86 Tahun 2017, serta untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Bimtek ini didukung oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu  Firmansyah, S.ST,  Kasubag. Penyusunan Anggaran, Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran, Sekretariat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Drs. Bob Ronald F. Sagala, M.Si, Kasubdit. Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementeriaan Dalam Negeri. Ir. Dadang Sofyan Iskandar, M.Si,  Kabid.  Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappedalitbang Kab. Bogor.  Prima Yunita Paramata, S.Pi, MP, Kasubid. Pendanaan Pembangunan Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappedalitbang kab. Bogor. Adapun materi-materi yang diberikan terkait Perencanaan yang akuntabel dan berorientasi pada hasil, Perencanaan Pembanguanan Daerah Berkinerja sesuai UU No. 23 tahun2014 dan Permendagri 86 Tahun 2017, Alur dan Tahapan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor dan Sosialisasi e-planning Kementerian Dalam Negeri.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Plt. Sekretaris, Ir. RR. Emy Sriwahyuni, M.Si, Kepala Bappedalitbang Kab. Bogor mengharapkan agar para aparat perencana dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat melalui kegiatan bimtek ini dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik dengan lebih tepat, cepat, terencana, terstruktur dan terukur. Dengan telah dilaksanakannya bimtek ini diharapkan pula akan menjadi langkah yang baik dalam upaya meningkatkan efektivitas dan optimalisasi perencanaan pembangunan daerah, pencapaian tujuan, sasaran dan program dalam berbagai tatanan pemerintahan sesuai peraturan yang berlaku.

Berita Lainnya :

PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA WARISAN BUDAYA DAN P... Selasa 5 September 2017 Bappedalitbang khususnya Bidang Litbang melakukan pembahasan mengenai Pengembangan Destinasi Wisata Warisan Budaya dan Pendidi...
Pembahasan Festival SFC (Situ Front City) Cibinong  merupakan Ibu kota dari Kabupaten Bogor saat ini terus berkembang dan dipersiapkan menjadi Kota metropolitan Cibinong Raya yang berkonsep “s...
Penghargaan Pembangunan Daerah 2018 Rabu, tanggal 20/03/2018 Bappedalitbang Kabupaten Bogor kedatangan Tim Penilai Provinsi(Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama) dalam Nominasi P...
Bogor dan Cibinong Menuju Kota Ramah Air Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Monash University Australia Menggelar serangkaian penelitian dan Focus Grub Discussion (FGD) guna mengetahui benchm...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *