LAUNCHING TERAS PANCAKARSA DALAM RANGKA FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJMD KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018-2023

Memasuki tahapan keempat rencana pembangunan jangka panjang, yaitu periode tahun 2018-2023, Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sehubungan dengan keseluruhan proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah, Bupati Bogor membuka wadah bersama untuk menghimpun saran, masukan dan usulan guna penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023 yang dinamakan ”TEMPAT PERENCANAAN STRATEGIS (TERAS) PANCAKARSA”. Launching Teras Pancakarsa ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Januari 2019 di Gedung Tegar Beriman dan dihadiri langsung oleh Bupati Bogor, Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor, H. Iwan Setaiwan, SE.

Dalam sambutannya Bupati Bogor menyampaikan bahwa dengan wadah TERAS PANCAKARSA ini, Beliau membuka seluas-luasnya kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan saran, masukan dan usulan serta inovasi-inovasi aspiratif untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Bogor guna menyusun kebijakan-kebijakan pro rakyat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Dengan Teras Panca Karsa ini diharapkan tidak hanya akan mendekatkan Bupati dan Wakil Bupati Bogor dengan seluruh pemangku kepentingan dan warga masyarakat pada umumnya, tetapi juga potensial menghasilkan perencanaan yang baik dan berkualitas”, demikian penjelasannya.

Adapun bentuk penjaringan aspirasi, saran, masukan maupun usulan dari masyarakat dalam Teras Pancakarsa dapat bersifat online dengan membuka layanan media sosial, yaitu Website Resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor (www.bogorkab.go.id), Laras Online (pengaduan.bogorkab.go.id), Instagram (bogor.kabupaten), Facebook (@bogorkab) dan Twitter (@bogorkab).

Selain secara online, diadakan juga pertemuan-pertemuan dengan bertatap muka langsung bersama komunitas, lembaga atau institusi, kelompok, perhimpunan sosial termasuk Forum Rebo Keliling (Boling) dan Jum’at Keliling (Jumling) sebagai sarana penyerapan aspirasi dan teras pancakarsa.

 Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor,  Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M.Si. memaparkan terkait Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023, yang dijelaskan dalam gambar di bawah ini :

Berita Lainnya :

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Dr. Ir. Syar... KEPALA BAPPEDA KABUPATEN BOGOR DR IR SYARIFAH SOFIAH M.SI BELAJAR MENSYUKURI KEINDAHAN SYURGA Kepala bappeda kabupaten bogor Dr Ir Syarifah Sofiah ...
MEMANCANG ASA KABUPATEN BOGOR MENJADI KABUPATEN IN... Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia. Melalui pendidikan hidup manusia bisa lebih bermartabat, karena pendidikan proses transformasi penge...
Bogor dan Cibinong Menuju Kota Ramah Air Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Monash University Australia Menggelar serangkaian penelitian dan Focus Grub Discussion (FGD) guna mengetahui benchm...
Swastisaba Bukan Sekadar Penghargaan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat di Kabupaten dan Kota yang menerima penghargaan Swastisaba. Piag...