BUPATI BOGOR MERESMIKAN BOGOR PLANNING GALLERY

Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki komitmen untuk mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju, nyaman dan berkeadaban di Indonesia. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang digawangi oleh Bappedalitbang memperkenalkan program kegiatan dan perencanaan pembangunan yang dikemas dalam bentuk galeri terbuka agar mudah dipahami. Galeri ini berupa ruang pamer yang berisi karya maupun cerita. Bogor Planning Gallery (BPG) ini sendiri dibangun untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai arah perencanaan Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor, Ade Yasin didampingi oleh Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan hadir secara bersama untuk  meresmikan Bogor Planning Gallery. Acara ini dilaksanakan pada Hari Senin 8 April 2019 di kantor Bappedalitbang Kabupaten Bogor. Dalam sambutannya Bupati Bogor mengapresiasi keberadaan Bogor Planning Gallery, demi kemajuan, keterbukaan informasi dan transparansi. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan era keterbukaan  informasi publik serta pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang telah mencapai era industri digital 4.0, maka perlu mengantarkan kepada kemudahan akses masyarakat, termasuk seluruh pemangku kepentingan terhadap data, informasi bahkan produk-produk rencana yang akan dilakukan ke depan, serta untuk mengejar ketertinggalan teknologi agar mempermudah kita mengakses  program kerja pemerintah melalui internet.

Selanjutnya Beliau menyampaikan bahwa data dan informasi yang ada dalam Bogor Planning Gallery ini dapat dimanfaatkan juga untuk menarik para investor dan tempat studi banding bagi para mahasiswa. Selain itu juga dalam membangun infrastruktur jalan, sekolah, fasilitas kesehatan dan program kerja lainnya harus berdasarkan data dan survey yang telah dilakukan.

Pada kesempatan yang sama, Sarifah Sofiah selaku Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa Bogor Planning Gallery ini dibangun dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada dan didesain oleh pegawai Bappedalitbang sendiri dari  ruangan kecil menjadi sesuatu yang menarik dan bermanfaat. Namun demikian, walaupun  luas ruangan gallery hanya kurang dari 200 m2, justru kami bertekad untuk menampilkan data dan infromasi yang sangat besar.

Bogor Planning Gallery terbagi menjadi tiga tema besar yaitu Masa Lalu (Past), Masa Kini (Present) dan Masa Yang Akan Datang (Future). Tema-tema tersebut ditampilkan, Pertama, poster dan infografis yang disajikan dalam panel-panel yang ditempel di dinding, Kedua, motion grafis yang disajikan dalam Monitor-Monitor, Ketiga, video, video grafis, dan foto-foto dokumentasi yang disajikan dalam bentuk monitor dan panel Qr Code, Keempat, Boga_Peta atau Bogor Geodatabase untuk Satu Data. Pemetaan yang disajikan dalam PC Standing, Kelima, 3d Rancang Kota/Maket Digital yang disajikan dalam monitor layar lebar, Keenam, Foto/Grafis kegiatan yang ditampilkan dalam bentuk foto besar dan desain Isometris, Serta Ketujuh, feedback/saran masukan yang disajikan dalam bentuk interaksi monitor dan manual yang ditempel di dinding saran berbentuk Dome. Seluruh media tersebut dipersiapkan untuk dapat dilakukan pembaharuan data (update) sehingga dari tahun ke tahun dapat dilakukan penyempurnaan”, demikian ujarnya.

            Selanjutnya beliau menyampaikan, salah satu konten Bogor Planning Gallery yang sudah dapat diakses oleh masyarakat yaitu Boga Peta, yang dapat diakses di https://geoportal.bogorkab.go.id yang di dalamnya terdapat 3 unsur utama yaitu Portal Bogapeta, Gallery Bogapeta dan Bogapeta untuk Perencanaan. Secara khusus, Gallery Boga Peta merupakan salah satu konten yang turut ditampilkan dalam Bogor Planning Gallery. Di dalam Gallery Boga Peta hingga saat ini disajikan 6 aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Bogapeta hasil pengintegrasian data dan Informasi spasial yang telah tersedia. Enam aplikasi tersebut adalah Bodogol123, Ladang Emas, Kolam Peta, Petarung, Simanis dan Ngabangun.

Diakhir sambutannya, Kepala Bappedalitbang berharap dukungan dan partisipasi dari seluruh Perangkat Daerah untuk dapat memanfaatkan infrastruktur ini dan juga dari masyarakat. Selain itu berharap kritik dan saran terkait apa yang telah dirintis ini dan  membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan aplikasi dan teknologi terutama dalam hal pengumpulan crowdsourcing big data yang ada di Kabupaten Bogor sehingga dapat menunjang industri 4.0 dan mendukung government 4.0. Serta berharap bahwa Boga Peta dapat menjadi pintu gerbang untuk mengakses data spasial yang lengkap, akurat dan terintegrasi sehingga dapat dicapai “Satu Data, Satu Peta dan Satu Kebijakan untuk mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban”.

Berita Lainnya :

PERTEMUAN MONITORING PERSIAPAN AKHIR GEOPARK PONGK... Kegiatan diselenggarakan sebagai tindak lanjut surat Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata No 406/SRT/Asdep. ...
GELAR INOVASI DAERAH TELAH MEMASUKI TAHUN KE-4 Gelar Inovasi sudah memasuki tahun ke 4, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Bappedalitbang telah melaksanakan Gelar Inovasi Daerah mulai Tahun 2016 da...
Rapat Koordinasi Pemberdayaan Rumah Tangga Sangat... Senin(31/07/17),  Bappedalitbang Kab. Bogor khususnya Bidang Ekonomi mengadakan Kegiatan Koordinasi Pemberdayaan Rumah Tangga Sangat Miskin Peserta PK...
Bappedalitbang Kab. Sumedang melakukan Studi Kompa...   Kabupaten Sumedang melakukan Studi komperatif terutama pada Bidang Litbang Bappedalitbang Kabupaten Bogor. Seiring berlakunya Peraturan Pemerinta...